Selamat datang di www.gloriagnys.blogspot.com --- yuk jangan sungkan tuk segera membaca sambil mendengar musik-musik rohani dari mg radio

Minggu, 08 Februari 2009

Kristen tidak selamat?

Deretan bangku kedua dari belakang adalah langganan saya sejak lebih dari 4 tahun lalu pertama kali dan setiap kali saya datang ibadah minggu di salah satu gereja besar di kota Denpasar (maaf tidak sebut nama gereja). Emang sih... tidak setiap minggu saya datang ke gereja ini, adakalanya sy datang di gereja yg tidak jauh dari tempat tinggal saya di Kuta, tapi entah kenapa saya lebih sering datang beribadah minggu di gereja ini. Bangku paling tengah dlm deretan 9 bangku baris kedua dari belakang tsb. adalah tempat duduk favorit saya (kale...) karna bangku tersebut pas banget tegak lurus dengan mimbar, jadi pandangan saya bisa lurus juga gt lho... Tapi kadang saya tidak duduk dibangku tsb ato deretan bangku tsb karna sudah keduluan orang lain hehehehe.... Tapi tiga minggu terakhir ini konsentrasi sy terasa agak terganggu saat ibadah di gereja tsb, bukan lantaran para pelayanannya, bukan pula lantaran pembawa firman ato leadershipnya, tapi lantaran suara berisik, desas-desus dan haha hihi dari deretan bangku di belakang saya, dan ternyata.... suara ribut itu berasal dari sekelompok ibu-ibu yg itu dan yg itu lagi. Ampun dj..... "ini mereka datang ke gereja mo ibadah ato arisan sih...." hanya kata itu yg ada dlm hati saya.

Hehehehe... pengalaman saya di atas mengingatkan akan anekdot yg menceritakan Mahatma Gandhi gagal menjadi orang kristen lantaran ya seperti itu.... bukan lantaran berisiknya ibu-ibu itu, tapi lantaran diusir dari bangku yg didudukinya saat pertama kali mengikuti ibadah gereja. Sehingga Mahatma gandhi berpikir bahwa bangku-bangku dlm gereja semua sudah ada yg punya, dan akhirnya keluarlah Mahatma Gandhi dari gereja dan tak kembali lagi.... hehehehe....
Dan ternyata anekdot tsb nyata dalam kehidupan bergereja anak2 Tuhan saat ini (termasuk saya hihihi.... malu deh), tidak jarang tiap kali datang ibadah di gereja, kita duduk di bangku yg itu dan yg itu lagi.... tidak salah siiih.... mungkin ini yg dinamakan sudah terlanjur sayang kale.... hehehe....

Omong-omong soal fanatik, akhir-akhir ini fanatisme keagamaan dari agama manapun semakin meningkat, makanya akhir-akhir ini sering juga terjadi pertengkaran antar kelompok beragama satu dengan lain, bahkan dari satu agama saja, sering terjadi pertengakaran karna beda pendapat dan selera, lho kok selera??? emangnya makanan.... hehehe.... selera bukan hanya untuk hal makanan kale....
Okey kita ngomongin fanatisme bergereja aja deh.... karna tidak jarang sekarang ini orang datang ke salah satu gereja lantaran sudah terlanjur sayang dengan gereja tsb.
Ada seorang kawan sekerja saya memilih lebih baik tidak bergereja daripada harus datang ke gereja yg tidak sama dengan organisasi gereja yg dia ikuti di kota asalnya (perlu diketahui bahwa saya ini tinggal di mess perusahaan, dan kami berasal dari berbagai kota)
Apakah benar fanatisme yg seperti itu???
Sodara kita harus cerdas menyikapi kehidupan di dunia ini, cerdas bersikap sebagai anak-anak Tuhan. Bergereja memang perlu, tapi fanatik terhadap organisasi gereja, saya rasa tidak perlu. Karena gereja bukan jaminan keselamatan, tapi tercatat sebagai jemaat salah satu gereja sangat diperlukan. Ibarat domba yg digembalakan, dia harus punya kandang yg pasti, dan punya gembala yg harus dikenali dan mengenalinya, supaya ada yg mengontrol keadaannya.
Tuhan Yesus datang ke dunia bukan untuk orang Kristen, Tuhan datang bukan untuk mendirikan agama, karna istilah "Kristen" timbul dari olok-olok terhadap penganut ajaran Kristus pada waktu itu (bagi yg sudah pernah baca sejarah awalnya agama kristen pasti tahu) tapi Dia datang untuk mengasihi dunia ini, untuk semua bangsa (Yoh 3:16), untuk membawa damai, untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Oleh karna itu sebagai orang kristen kita harus dapat melakukan apa yang sudah diajarkanNya dengan baik dan benar, jangan merasa karna sudah kristen anda pasti selamat.
Memang benar Tuhan Yesus jamina keselamatan (Yoh. 14:6), tapi bagaimana anda akan terselamatkan kalo anda tidak tinggal di dalamNya? kalo anda tidak mengasihiNya? karena jika sodara mengsihiNya, sodara pasti melakukan firmanNya (Yoh. 14:15), bagaimana melakukan firmanNya? (Yoh 14:21)

Ya sudahlah sodara sampai di sini dulu aja pembahasannya, jangan terlalu panjang, tar sodara cape ngebacanya, klo sodara mo koment, koment aja deh... tapi saya yakin klo sodara punya kerinduan mengasihi Dia, sodara pasti kan mencari kebenaran tulisan ini dan melakukan kebenaran firmanNya. Supaya sodara tahu, sodara itu Kristen yang selamat ato tidak.
Yang perlu sodara ingat adalah Yohanes 3:16, sebagai orang percaya, sodara pasti hafal bunyi ayat ini karna ini ayat mas yg favorit, klo sampai sodara kaga hafal juga.... tuh klik Alkitab aja deh.... trus lo cari sendiri ok....

Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera menyertai saudara sekalian. Amin

GBU

Tidak ada komentar: